Sabtu, 11 Januari 2020

TUGAS 3 (SIM/Sistem Informasi Manajemen)

REVIEW JURNAL 
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN 
PT. KAPUAS JAYA ANUGERAH 


PT. Kapuas Jaya Anugerah (PT. KJA) adalah perusahaan swasta nasional yang bergerak dalam bidang konstruksi, khususnya dalam bidang perkebunan. 


Proses pelayanan jasa dalam penyampaian informasi terkait perusahaan masih dilakukan secara konvensional. 
  • Perusahaan menyediakan front-liner staff yang bertugas memberikan informasi kepada konsumen, baik secara langsung mengunjungi perusahaan mapun tidak langsung dengan melalui telepon. Selain dengan front-liner, media informasi lainnya yang digunakan yaitu dengan membuat Buku Profil Perusahaan dan Brosur Pelayanan Jasa.

Proses pengelolaan data masih terkomputerisasi secara sederhana dan manual.

  • Belum menggunakan DBMS. Jadi semua file pekerjaan disimpan dalam folder-folder dalam format excel (*xls) dan word (*doc). Jadi, staff administrasi harus membuat surat-surat, rekapitulasi data, dan memberi informasi tentang perusahaan secara manual. Hal ini tidak efisien karena membutuhkan waktu yang lama dalam pengerjaannya.

Oleh karena itu, diperlukanlah konsep teknologi berbasis komputer dalam sistem informasi manajemen untuk membantu PT. Kapuas Jaya Anugerah dalam menjalankan proses bisnisnya. 


Proses bisnis yang tadinya masih terkomputerisasi secara sederhana dan manual, akan digantikan dengan menggunakan sistem informasi manajemen pada website. Sistem dibangun dengan menerapkan teknik responsive design sehingga tampilan web menyesuaikan dengan besarnya luasan area browser yang digunakan oleh user. Pendeketan yang digunakan adalah pendekatan tersturktur yang menggunakan beberapa alat bantu dan teknik pengerjaan, seperti flowchart, diagram arus data (DFD), diagram relasi (ERD) dan perancangan antarmuka sistem. Pengujian menggunakan metode UAT. 


PERANCANGAN SISTEM

1) Perancangan website → sistem informasi ini dilakukan dengan konsep pemodelan yang berorientasikan pada objek yang disusun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. 

2) Diagram konteks → diagram yang memberikan gambaran umum terhadap kegiatan yang berlangsung dalam sistem 



3) Perancangan arsitektur sistem → Sistem yang dibangun berbasis web, yaitu berupa kemudahan, ketepatan dan kecepatan dalam hal pengawasan dan akses informasi terhadap proyek yang sedang berjalan. 
Antara server, komputer direktur, komputer logistik, komputer akunting, komputer pengunjung, dan komputer staff kebun saling terhubung, dengan internet sebagai penghubungnya. 


HASIL PERANCANGAN DESAIN
  • Sistem yang telah dirancang memerlukan komputer dengan sistem operasi minimal Windows XP
  • Pada komputer harus terpasang MySQL, berikut adalah antarmuka hasil perancangan aplikasi.
  • Halaman utama → sebagai tampilan yang dapat di akses oleh pengunjung. 

  • Sedangkan Halaman utama panel Staf → sebagai tampilan yang dapat di akses hanya oleh Pimpinan dan karyawan PT. Kapuas Jaya Anugerah yang telah didaftarkan dan diberikan userid dan password untuk mengakses system informasi pengolahan data ini. 


PENGUJIAN MENGGUNAKAN METODE UAT

Perhitungan hasil pengujian UAT dilakukan dalam bentuk tes untuk menentukan apakah persyaratan spesifikasi atau kontrak terpenuhi. Tes tersebut melibatkan tes kimia, tes fisik, atau tes kinerja 

Sistem informasi manajemen PT. Kapuas Jaya Anugerah mampu mengelola data yang berkaitan dengan permintaan barang, permintaan dana, persetujuan permintaan barang, persetujuan permintaan dana, pengiriman barang, pengiriman danam hingga pada laporan permintaan barang dan dana. 


KESIMPULAN

Proses bisnis yang pada awalnya dilakukan secara manual, sederhana, dan konvensional, akan digantikan dengan Sistem informasi manajemen yang menggunakan website sebagai media untuk membantu kinerja karyawan PT. Kapuas Jaya Anugerah dalam menjalankan bisnisnya. 

Sistem informasi manajemen ini dapat membuat perusahaan menjadi lebih cepat, efektif, dan efisien. Sehingga sistem ini dapat menghemat waktu dan biaya pada saat perusahaan menjalankan proses bisnisnya. Oleh karena itu, perusahaan merasa sangat terbantu dalam akan adanya sistem ini dalam pengolahan informasi perusahaan

0 komentar:

Posting Komentar