Selasa, 14 Januari 2020

Bahayakah Headset Bluetooth? Apakah Berdampak Buruk Bagi Kesehatan?

Semakin kesini teknologi menjadi semakin canggih, semakin canggih dan majunya teknologi inilah yang dapat menguntungkan manusia di berbagai bidang, mulai dari bidang elektronik hingga bidang kesehatan.

Namun disamping hal itu, ada suatu hal yang dikhawatirkan sebagian besar orang, yaitu apakah semakin canggih dan majunya teknologi justru berpotensi memengaruhi kesehatan tubuh penggunanya?
Gambar terkait
MANFAAT HEADSET BLUETOOTH


  • Berkendara sambil memakai headset bluetooth justru malah dianjurkan agar saat ada telepon masuk, melalui headset bluetooth kita bisa langsung angkat daripada mengecek dan menyentuh ponsel dulu.
  • Penggunakan headset bluetooth juga dapat menghindarkan Anda dari kecelakaan lalu lintas. Kebiasaan mengecek terus-menerus ponsel pintar Anda saat mengemudi meningkatkan risiko kecelakaan karena tidak fokus.
Hasil gambar untuk headset bluetooth apple

Jadi... Apakah Headset Bluetooth Berdampak Buruk Bagi Kesehatan?


Apakah kira-kira efek bahaya menggunakan headset jenis ini bakal sama dengan saat menggunaan ponsel pintar di mana radiasi bisa berdampak buruk bagi kesehatan penggunanya? Pada dasarnya belum dijumpai adanya hasil studi penelitian tentang bahaya headset bluetooth ini untuk kesehatan. Meski begitu, masih diragukan bukan keamanan dari penggunaan headset bluetooth?

Menurut John Moulder, seorang profesor dari Milwaukee di Wisconsin Medical College dilansir dari laman Liputan6.com, bukti konkret tentang bahayanya memang belum ada, khususnya isu tentang headset bluetooth yang bisa memicu timbulnya kanker otak. Dibandingkan radiasi ponsel, sinyal bluetooth kekuatannya tak terlalu tinggi sehingga penggunanya tak akan terancam dari sisi kesehatan.

Tak seperti bahaya radiasi hp, bluetooth bekerja secara berbeda dari ponsel pintar, ini karena jarak kinerja bluetooth hanya 30 kaki minimal dan 100 kaki maksimalnya sehingga justru penggunaan headset bluetooth malah dianjurkan ketimbang langsung kontak dengan smartphone.


Hasil gambar untuk airpods apple

Kesimpulannya...

Jadi, Headset bluetooth sama sekali aman hingga saat ini dan dianggap pula jauh lebih aman ketimbang pemakaian langsung smartphone itu sendiri. Selain menghindarkan Anda dari ketidakfokusan saat mengemudi di jalan, pemakaian headset blueooth pun mengurangi risiko paparan radiasi dari ponsel pintar.

Belum ada pembuktian secara ilmiah akan adanya efek kanker otak, pusing, dan bahkan kehilangan memori otak karena menggunakan headset bluetooth. Meski begitu memang masih banyak pula kontroversi tentang hal ini sebab selalu ada pro dan kontra. Batasan pemakaian ponsel pintar dan juga headset bluetooth tetap perlu diterapkan sebagai bagian dari cara menjaga kesehatan tubuh dan agar juga bisa menghindari bahaya kecanduan hp.




Reference :
https://halosehat.com/tips-kesehatan/kesehatan-tubuh/efek-headset-bluetooth-bagi-kesehatan

0 komentar:

Posting Komentar